Tuesday, November 22, 2016

3 Fakta Tugu Jogja, Ikon bersejarah Kota Jogja






          Yogyakarta yang dikenal masyarakat sebagai kota wisata dan budaya mempunyai banyak sekali tempat wisata bersejarah. Tak jarang orang berkunjung ke Jogja hanya untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Yogyakarta setiap tahunnya. Salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Yogyakarta adalah tugu yang juga sebagai ikon kota ini. Tugu Jogja ternyata mempunyai banyak fakta yang mungkin orang belum banyak mengetahuinya. Berikut ini adalah fakta-fakta Tugu Jogja.

            Fakta pertama, Tugu Jogja dibuat pertama kali oleh raja Yogyakarta sekaligus pendiri keraton Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Pada saat awal berdirinya, bangunan ini menggambarkan manunggaling kawula gusti, semangat persatuan untuk melawan penjajah.

            Fakta Kedua, Tugu Golong Gilik atau nama lain dari bangunan ini merupakan batas utara dari Kota Yogyakarta. Tugu merupakan penanda batas wilayah kota Jogja dan Kabupaten Sleman yang berada di utara bangunan ini, Sedangkan selatan Tugu Jogja merupakan wilayah Kota Madya Yogyakarta.

            Fakta Ketiga, Bangunan ini digunakan sebagai patokan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono untuk melakukan meditasi agar tepat mengarah ke Gunung Merapi. Menurut mitos Tugu Yogyakarta, Laut Selatan, Keraton, dan Gunung Merapi memiliki posisi yang sejajar membentuk garis lurus.

            Itulah beberapa fakta tentang Tugu Yogyakarta yang sebenarnya masih banyak sekali fakta tentang bangunan bersejarah ini. Yang paling penting kita harus menjaga bangunan bersejarah ini, jangan sampai bangunan ini rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

No comments:

Post a Comment