Tuesday, October 18, 2016

GANAS !! MOBIL MASA DEPAN DI CIPTAKAN MAHASISWA JOGJA


Apa yang anda pikirkan tentang mobil masa depan ?? apakah mobil yang dapat dijalankan dengan otomatis ? atau mobil yang dapat berjalan tanpa BBM ? yappp . . . . tepat sekali, kali ini saya akan membahas mengenai mobil masa depan yang telah di ciptakan oleh mahasiswa yogyakarta.

Mobil ini dapat dikendalikan dengan android, alias dapat berjalan secara otomatis. Mobil yang diberi nama “Kaliurang Unisi 2” ini merupakan mobil listrik berbasis Andorid pertama di indonesia. Dalam hasil uji coba, mobil listrik ini mampu mencapai kecepatan 65 km/jam dan perlu 3 jam untuk mengisi baterai litium yang dapat menempuh jarak sejauh 15 km.

Sempat dipamerkan dalam ajang otomotif, Indonesia International Motor Show(IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, yang merupakan ajang pameran otomotif terbesar di indonesia. Selain itu, mobil listrik otomatis pertama di dunia ini juga memiliki segudang prestasi yang membagakan di antaranya juara satu Uji kecepatan di Kompetisi Mobil Listrik Politeknik Bandung, serta meraih The Best Inovasi dan Teknologi di ajang yang sama.

Selain dapat berjalan secara otomatis, mobil kaliurang unisi 2 ini juga dilenkapi dengan panel pengukur kecepatan, rem, navigasi  GPS, baterai, dan entertain kendaraan yang berupa tv analog. Selain itu, juga dilengkapi dengan wifi, bluetooth, browser internet, video voice, mp3, dan games.
Saat ini, pengembangan dan riset mobil listrik tersebut didukung oleh pihak kampus dan telah menelan biaya Rp 150.000.000 untuk generasi yang pertama, dan Rp  100.000.000 untuk generasi yang ke 2.  Selain dukungan dari pihak kampus, pengembangan dan riset mobil listrik tersbut juga di dukung oleh pemerintah
Mobil kaliurang unisi ini memiliki panjang rangka utama sepanjang 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, serta mempunyai tinggi body 1,2 meter. Mobil listrik ini mempunyai berat 140 kg. Sistem kemudinya sendiri rack and pinion yang dengan ukuran roda sepeda motor metik. Sistem penggerak gunakan dua buah motor BLDC @ 1kW dan penggerak roda belakang RWD gunakan differential elektronika.

No comments:

Post a Comment