Thursday, December 15, 2016

Goa Pindul, Goa Bersejarah Penuh Misteri



            Goa Pindul merupakan salah satu tujuan wisata saat ini. Goa Pindul terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Goa pindul dapat ditempuh 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.



Popularitas Goa Pindul tak lepas dari keunikan tempat ini yakni menyusuri goa dengan pelampung. Selama perjalanan wisatawan dapat menikmati stalaktit dan stalakmit di goa ini. Tetapi dibalik keindahan Goa Pindul terdapat banyak misteri. Ingin tahu misteri apa saja di Goa Pindul? Langsung saja kita simak.
            Sejarah Goa Pindul berasal dari perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang merupakan utusan Panembahan Senopati. Kedua orang tersebut diutus oleh Panembahan Senopati untuk mencari seorang bayi. Setelah menemukan bayi tersebut kedua orang tadi membawa bayi tersebut ke daerah Gunung Kidul dan selanjutnya memandikan bayi tersebut.

            Namun bagaimana terbentuknya Goa Pindul tersebut? Awalnya Ki Juru Mertani menaiki sebuah bukit dan dengan kesaktiannya Ki Juru Mertani menginjak tanah tersebut dan jadilah sebuah goa yang mengaga besar. Kemudian dibawalah bayi tersebut turun dan pipi bayi tersebut terbentur (kebendul) yang kemudian diberi nama pindul (pipi kebendul).

No comments:

Post a Comment