Wednesday, December 14, 2016

Museum Sandi Yogyakarta, Yuk Belajar Dunia Kode dan Enkripsi


"Museum Sandi adalah sebuah museum persandian yang kini berada di Kota Yogyakarta tepatnya di jalan Faridan Muridan Noto Nomor 21 Kotabaru, Yogyakarta 55224, Telepon 0274-556921, 556920.Wikipedia"

Museum Sandi merupakan museum satu-satunya di Indonesia yang berisi tentang Bahasa-bahasa rahasia hingga teknik-teknik enkripsi yang dilakukan sejak zaman dahulu. Museum ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2006 yang berada di Kotabaru, Yogyakarta. 


Museum ini tidak hanya menyimpan tentang peninggalan sejarah berupa mesin-mesin atau perangkat lain yang mendukung proses enkripsi pada masa dahulu namun juga cerita perkembangan Bahasa rahasia yang digunakan sejak zaman perang pada masa itu. Museum ini berdiri di gedung milik AURI yang tidak digunakan kembali. Memiliki 9 ruangan yang menyimpan cerita dan benda-benda sejarah dan memilih 2 lantai.
            Pengunjung akan dipandu oleh guide yang mana akan menceritakan sejarah panjang pejuang-pejuang kemerdekaan hingga bapak persandian Indonesia yaitu dr. Roebiono. Selain itu, terdapat diorama-diorama yang semakin  membuat pengunjung dapat merasakan suasana pada zaman dahulu saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. 






No comments:

Post a Comment