Thursday, December 15, 2016

Apresiasi! Pemakaman Raja Imogiri Yogyakarta yang Masih Suci

“Makam Imogiri Jogja merupakan kuburan bagi Raja-raja Mataram yang terletak di desa Ginirejo, Imogiri, Yogyakarta. Makam yang menjadi bagian sejarah dan warisan yang sangat berharga bagi masyarakat Indonesia karena merupakan salah satu saksi sejarah perkembangan budaya khususnya di kota Yogyakarta”

Jadwal buka Makam Imogiri hanya dilakukan 3 kali dalam 1 Minggu yaitu pada hari Senin, Jumat, dan Minggu. Selain itu hanya hari-hari besar yang tertera di papan pengumuman tersebut.

Komplek pemakaman Imogiri ini dibangun dengan menggunakan perpaduan kebudayaan Hindu dan Jawa oleh arsitek asal Jepara yang bernama KRT. Tjitrokusumo. Bangunan yang terdiri dari susunan batu bata ini masih tetap berdiri kokoh, bahkan pintu yang menjadi gerbang masuk pun masih asli. Hal itu bisa dillihat dari ukir-ukiran di pintu dan warna dari pintu tersebut yang dirasa sudah dari zaman dahulu.
Berwisata atau mengunjungi pemakaman zaman dahulu tidak hanya mengingatkan kita tentang kematian yang pasti akan terjadi namun juga sejarah Yogyakarta dari zaman dahulu hingga saat ini. Merupakan tanah pemakaman yang masih sakral dan dijaga dengan ketat hingga saat ini, bahkan jika anda ingin masuk ke area pemakaman harus meletakkan alas kaki anda (menanggalkan) sebelum masuk gerbang pemakaman, serta anda diwajibkan untuk memakai kain batik atau kemben (wanita) dan tidak diperbolehkan mengambil gambar. Hal ini dimaksudkan salah satunya untuk menjaga tanah leluhur dari kasultanan Yogyakarta. 





Peta Menuju Makam Imogiri Yogyakarta 



5 comments: