Friday, December 16, 2016

Sepenggal Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran


 
               

           Gunung Nglanggeran merupakan salah satu gunung api yang sudah tidak aktif lagi. Gunung api purba ini teretak di daerah Gunung Kidul. Jika dari pusat kota Jogja dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Selain memiliki pemandangan yang indah, Gunung Nglanggeran juga menyimpan banyak misteri dan cerita. Penasaran? Langsung saja kita simak.
         Menurut cerita yang beredar, Sejarah Gunung Nglanggeran awalnya merupakan puncak dari Gunung Merapi. Suatu malam Raden Hanoman yang berwujud seekor kera putih bermain dan ingin mengambil bintang di langit. Untuk mengambil bintang tersebut Raden Hanoman berpijak pada puncak Gunung Merapi, karena tidak sampai puncak gunung merapi ditendang (dipancal) yang kemudian bongkahan batu itu ditangkap oleh punakawan (Semar, Gareng, Petruk, Bagong). Karena beratnya menahan batu itu dari tanah keluarlah air sehinga menjadi sebuah mata air.
       Kemudian bongkahan batu tersebut dibawa oleh Punakawan kea rah selatan tetapi dalam perjalanan alat yang digunakan untuk mengangkat bongkahan batu tersebut patah di tengah jalan yaitu daerah Nglanggeran, sehingga sampai saat ini disebut Gunung Nglanggeran. 

No comments:

Post a Comment