Saturday, December 10, 2016

4 Museum Kesenian di Jogja yang Artistik

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi. Salah satunya dikarenakan berbagai ragam kesenian yang terdapat pada kota Yogyakarta. Kebudayaan dan kesenian Yogyakarta yang unik membuat orang-orang penasaran untuk mengetahuinya. Kali ini akan dibahas rekomendasi museum kesenian di Jogja yang menarik dan seru.

Berikut 4 museum kesenian di Jogja:

1. Museum Affandi

Museum Kesenian di Jogja : Museum Affandi
www.yukpegi.com



Museum ini dulunya merupakan tempat tinggal sang maestro sendiri, Affandi beserta keluarganya. Tempat ini memamerkan semua karya lukisan Affandi semasa hidupnya, serta lukisan istrinya. Museum Affandi dibagi dalam 3 galeri, galeri pertama memperlihatkan seluruh karya lukisan milik Affandi. Galeri kedua memperlihatkan lukisan oleh para pelukis yang dikenal Affandi. Kemudian pada galeri ketiga memperlihatkan karya lukisan yang dibuat oleh istri Affandi. Museum ini merupakan pameran lukisan terbaik di Jogja, maka sudah seharusnya Museum Affandi menjadi salah satu museum kesenian di Jogja yang menarik.

Jam Buka

  • Senin - Sabtu : 09:00 - 16:00
  • Minggu : Tutup

Alamat

  • Jl. Laksda Adisucipto No.167

2. Museum Batik Yogyakarta

Museum Kesenian di Jogja : Museum Batik Yogyakarta
www.museumbatik.com

Museum kesenian di Jogja yang berikutnya adalah museum batik Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1977 dan sekarang museum batik ini dikelola oleh Ibu Dewi Sukaningsih. Koleksi batik di museum ini sangat beragam dan juga lengkap, terdapat lebih dari 1200 koleksi batik. Koleksi batik yang paling tua merupakan batik yang dibuat pada tahun 1700-an. Maka sudah semestinya bagi para pecinta batik tempat ini menjadi rekomendasi untuk di kunjungi.

Jam Buka

  • Senin - Sabtu : 09:00 - 15:00
  • Minggu : Tutup

Alamat

  • Jl. Dr. Sutomo No.13 A

3. Museum Kayu Wanagama

Museum Kesenian di Jogja : Museum Kayu Wanagama
wanagama.museumjogja.org

Di Jogja terdapat museum yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan UGM, dimana ide mendirikan museum ini berasal dari dua dosen UGM. Museum ini mempunyai bentuk yang unik, berupa dua buah rumah kayu buatan tahun 1880 yang merupakan sumbangan dari perum perhutani. Disini terdapat banyak sekali koleksi hasil pahatan kayu, seperti meja, kursi, lemari, patung, topeng, dll. Ada juga macam-macam fosil kayu yang umurnya sudah ratusan tahun, pasti kalian tidak akan merasa bosan bila berkunjung ke museum kesenian di Jogja yang satu ini.

Jam Buka

  • Senin - Minggu : 09:00 - 17:00

Alamat

  • Jl. Jogja - Wonosari Km 30

4. De Mata Trick Eye Museum

Museum Kesenian di Jogja : De Mata Trick Eye Museum
2.bp.blogspot.com

Museum De Mata merupakan museum yang menyajikan gambar 3 dimensi. Terdapat sekitar 120 gambar 3 dimensi dengan tema yang berbeda-beda. Tidak seperti museum pada umumnya, museum ini ditujukan pada para pengunjung untuk berfoto. Para pengunjung bebas untuk mengabadikan dirinya dengan gambar yang dipilih. Tempat ini dapat dikatakan sebagai surga bagi orang yang hobi berfoto, bila fokus pada gambar tepat maka gambar yang dihasilkan tampak seperti nyata. De Mata sendiri pernah mendapatkan rekor MURI di tahun 2014 karena koleksi gambar-gambarnya, dan merupakan museum kesenian di Jogja yang unik.

Jam Buka

  • Senin - Minggu : 10:00 - 22:00

Alamat

  • XT Square, Jl. Veteran No.151

Jadi jika kalian memang pecinta seni, kalian pasti akan tertarik untuk mencoba mengunjungi museum-meseum di atas.


Artikel Sebelumnya: 
Cari Villa di Jogja Untuk Rombongan ? 5 Villa Ini Cocok Untuk Rombongan !!!

No comments:

Post a Comment