Tuesday, November 22, 2016

9 Makanan Khas Jogja Paling Enak

Makanan Khas Jogja

  1. Gudeg

makanan khas jogja
makanan khas jogja: Gudeg 



Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas jogja paling enak yang satu ini? Pastinya semua orang sudah tau akan kelezatan makanan khas jogja yang manis-manis gurih ini. Jika anda mendengan kata “gudeg” apa yang anda pikirkan? Warna coklat, nangka, dan telur. Gudeg ini memang memiliki bahan dasar berupa nangka muda yang diolah sedemikian rupa menjadi makanan yang sangat enak untuk disantap. Gudeg sendiri memiliki beberapa varian olahan, yaitu:
  • Gudeg kering
  • Gudeg basah
  • Gudeg solo

Jika anda penasaran dengan makanan khas jogja ini, pertama tama anda dapat melihat apa saja sih bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas jogja ini? 
  • Nangka muda
  • Daun salam
  • Lengkuas
  • Telur

Apakah anda tertarik? Kami menyediakan beberapa list tempat makan gudeg (makanan enak khas jogja) yang enak dan popular di jogja tentunya. Silahkan anda mengunjungi halaman berikut:

List Gudeg Jogja: Gudeg Terenak di jogja


2.      Oseng Mercon



makanan khas jogja
Makanan khas Jogja: Oseng Mercon


Dari namanya saja sudah jelas makanan khas jogja yang satu ini pasti rasanya sangat pedas, bagi anda yang menyukai cita rasa pedas wajib untuk mencicipi makanan khas jogja yang satu ini. Oseng mercon terbuat dari bahan daging dan juga lemak yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan juga menggugah selera. Tapi untuk anda yang masih pemula dengan cita rasa pedas, kami sarankan untuk menyiapkan air minum pada saat menyantap makanan khas jogja yang satu ini.

Oseng mercon khas jogja ini bisa anda temukan di rumah makan bu Narti yang terletak di daerah kauman Yogyakarta (Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta, Indonesia). Rumah makan ini buka setiap hari mulai dari pukul 17.00 -23.00 dengan harga makanan 15.000 per porsi dan minuman seharga 2.000 – 3.000 rupiah saja. Terjangkau bukan?
Rumah makan Bu Narti menunggu anda.

3.      Sate Klatak



makanan populer khas jogja
Makanan khas Jogja: Sate Klatak


Sate klatak merupakan makanan khas jogja berupa sate kambing, hal yang menarik dari sate ini adalah cara memasaknya. Apakah anda tau jeruji sepeda? Ya, sate klatak ini di bakar menggunakan jeruji sepeda. Caranya adalah potongan daging-daging kambing di tusukan ke jeruji sepeda, karena jeruji sepeda terbuat dari bahan besi, yang mengakibatkan penghantaran panas yang baik bagi daging. Sehingga daging kambing matang dengan merata dan menghasilkan tekstur yang empuk. 

Selain itu bumbu yang digunakan untuk menambah cita rasa dari sate kambing sendiri adalah bumbu yang berbeds dengan sate pada umunya, sate klatak tidak menggunakan kecap sebagai bumbu, melainkan hanya menggunakan garam dan sedikit ketumbar. Dengan begitu cita rasa yang dihasilkan akan semakin tajam dan juga lezat.

Makanan khas jogja sate klatak ini bisa anda temukan di warung sate klathak Pak Pong di Pasar Jejeran di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta.

Selengkapnya tentang Sate Klatak: All About Sate Klatak

4.      Sate Petir dan Tongseng Petir Pak Nano


makanan unik khas jogja
Makanan khas Jogja: Sate Petir
5.      Sambal Welut Pak Sabar 

makanan pedas khas jogja
Makanan khas jogja: Sambal Welut
6.      Mangut Lele dan Gudeg Nggeneng Mbah Marto

makanna khas jogja lele
Makanan khas Jogja: Mangut lele
7.      Bakmi Harjo Geno

makanan khas jogja bakmi
Makanan khas jogja: Bakmi Harjo Geno

8.      Tempe benguk


makanan khas jogja tempe benguk
Makanan Khas Jogja: Tempe Benguk


9.      Sup kembang waru


makanan khas jogja sup kembang waru
Makanan khas jogja: Sup Kembang Waru

No comments:

Post a Comment