Tuesday, November 29, 2016

Misteri-Misteri Keraton Yogyakarta

Misteri-Misteri Keraton Yogyakarta


 

            Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah yang berada di kota Jogja. Keraton Yogyakarta merupakan pusat pemerintahan pada masanya. kini Keraton Yogyakarta juga mulai dugunakan sebagai tempat wisata. Karena Keraton Yogyakarta saat ini dibuka untuk wisatawan, image Keraton Yogyakarta yang awalnya angker, menakutkan, perlahan mulai pudar. Letak keraton Yogyakarta tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tetapi dibalik kokohnya Keraton Yogyakarta terdapat misteri yang belum banyak diketahui orang.

            Misteri pertama Keraton Yogyakarta, Keraton Yogyakarta selalu dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul jika sedang melakukan kegiatan atau hajatan. Konon apabila Keraton Yogyakarta akan melakukan hajatan Sultan harus meminta ijin atau doa restu kepada Ratu Pantai Selatan ini. Hal ini dikuatkan dengan adanya bangunan yang berupa sumur yang terletak di barat Keraton Yogyakarta yang diyakini sebagai tempat bertemunya Sultan dan Nyi Roro Kidul.

            Misteri kedua, yakni abdi dalem yang setia. Meski abdi dalem di keraton Yogyakarta hanya digaji Rp 5000/bulan tetapi mereka tetap setia kepada Keraton Yogyakarta. Bukan materi yang dicari tetapi kesetiaan yang lebih penting. Salah satunya adalah Mbah Maridjan yaitu juru kunci Gunung Merapi.

        Misteri ketiga, Tugu Mangkubumi yang digunakan pintu gerbang utama menuju Keraton Yogyakarta. Tugu Mangkubumi diyakini oleh sebagian orang menjadi pintu gerbang utama untuk menuju Keraton Yogyakarta karena letaknya yang satu poros dengan Keraton. 

No comments:

Post a Comment