Saturday, December 17, 2016

2 Stasiun Yogyakarta Yang Harus Anda Ketahui !!!



                Dengan banyaknya alat transportasi yang digunakan saat ini tidak membuat orang beralih menggunakan alat transportasi lain sebut saja kereta api,banyaknya masyarakat menggunakan transportasi ini membuat kereta api menjadi salah satu transportasi yang digunakan saat mudik maupun berwisata dari satu daerah kedaerah lain. Berikut beberapa stasiun yang dijadikan sebagai pemberhentian kereta di Yogyakarta dimana stasiun yang akan dibahas kali ini memiliki sejarah dan cerita masing-masing.

Stasiun Lempuyangan

                Stasiun yang terletak di JL Lempuyangan,Kec Danurejan kel Bausasran Daerah Istimewa Yogyakarta ini didirikan pada tahun 2 Maret 1872 dibangun di atas tanah Keraton Yogyakarta dan merupakan stasiun kereta api kedua setelah Stasiun utama yaitu Stasiun Tugu. Stasiun ini melayani pemberhentian KA Ekonomi dan KA local yang melewati Yogyakarta. Perlu diketahui Stasiun ini menerapkan sistem check-in dan boarding pass. Setiap harinya stasiun ini menjadi pemberhentian KA yang ramai digunakan. Di stasiun ini sendiri memiliki masalah ketersedian ruang parkir yang kurang dan perlu perhatian dari pemerintah. Stasiun ini pada awalnya hanya sebagai stasiun barang.



Stasiun Tugu Yogyakarta

                Stasiun Tugu Yogyakarta (Tugu Ngayogyakarta) yang terletak di jalan Margo Utomo No 1 Kec Gedongtengen,Kel Sosromenduran ini dibangun pada tahun 1887 dan merupakan stasiun yang berusia cukup tua,dimana stasiun ini berdekatan dengan jalan malioboro sehingga para pedatang yang menggunakan jasa transportasi kereta api dan berhenti distasiun ini akan mendapatkan nuasa Yogyakarta yang lekat dengan tempat malioboro. Layanan kereta api ini antara lain kelas eksekutif, kelas campuran, kelas bisnis, kelas ekonomi AC plus, dan lokal/komuter. Stasiun ini pada awal juni tahun 2016 menetapkan sistem check-in dan boarding pass seperti dibandara. Stasiun Tugu Yogyakarta terbesar yang dikelola PT Kereta Api Indonesia.



No comments:

Post a Comment