Friday, December 16, 2016

Kipo, Makanan Legit Bikin ngangenin



Selamat pagi sahabat kuliner, kalian sudah pada tau kipo belum? Pasti mungkin sebagain ada yang tau dan ada yang tidak tau, saya juga pertama kali dengar nama kipo juga kaget makanan seperti apa itu, setelah saya cari tau, kipo adalah makanan tradisional jogja yang banyak di jual di kota gede,  bentuknya yang kecil dan warna yang hijau dengaan isi kelapa di dalamnya, saat di nikmati terasa manis dan legit memberikan sensasi makan yang ngangenin.

Kipo terbuat dari tepung ketan dengan sedikit santan warna hijau,dan isinya terbuat dari gula jawa dan kelapa sehingga menciptakan rasa manis, dan setelah di bentuk menjadi kipo, lalu di pagang di atas wajan tanah liat yang di letaakan di atas arang. Asal usul nama makanan ini di berinama kipo, karena pada jaman dahulu banyak orang yang bertanya ketika melihat makan ini “iki opo” dalam arti bahasa indonesianya (ini apa), dari siu lalu di beri nama kipo unutuk makanan ini.



Walaupun ukuran kecil dan bahan yang di gunakan tidak terlalu rumit, kipo ini termasuk jajanan favorite bangsawan keraton mataram islam. Untuk kalian yang ingin mencicipi makan ini kalian bisa datang ke kios kipo bu djito. Yang mana alamatnya Jalan Mondorakan Nomor 27, Kotagede, Yogyakarta.  Kalian juga dapat melihat proses pembuatannya di kios bu Djito,  makana kipo ini sangat cocok di santap di pagi hari dengan segelas teh atau kopi asik bukan, buat kalian yang liburan di jogja juga bisa di jadikan oleh-oleh dari jogja, satu bungkus berisi lima kipo yang di jual dengaa harga 1.500, tidak begitu makan bukan, jangan ragu lagi yang lagi di jogja atau di sekitarnya yuks segera datangi kios kipo di kota gede, mungkin kalian bisa kesaa bersa temen atau kelurga, iangat selalu pesan dari saya jangan lupa jaga kesehatan, karena makan yang berlebihan juga tidak baik. Jangan lupa baca artikel saya yang lain yaa teman-teman kuliner.

SUMBER :
http://www.jogjaland.net/wp-content/uploads/2015/02/makanan-kipo.jpg

No comments:

Post a Comment