Friday, December 16, 2016

Taman Sari, Bangunan Indah Bersejarah Masa Penjajahan



               




              
       

         Siapa yang tak kenal dengan nama Taman Sari? Ya, bangunan indah ini berada di kota Yogyakarta tepatnya berada di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Karena keindahannya wisatawan lokal maupun mancanegara masih ramai mengunjung tempat ini. Taman sari memiliki sejarah yang panjang. Ingin tahu?

           Taman Sari jika dilihat dari penamaannya terdiri dari dua kata yaitu taman dan sari yang berarti indah. Jadi Taman Sari adalah taman indah yang terletak di belakang keraton. Jika dilihat dari awal pembangunannya, bangunan Taman Sari kental akan bangunan model Eropa. Mengapa demikian? Itu karena Taman Sari dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono II dan yang menjadi arsitektur adalah seorang Portugis. Tetapi walaupun arsitektur seorang Portugis juga tidak lepas dari nuansa Jawa.


              Pada masanya Taman Sari digunakan sebagai tempat peristirahatan. Selain digunakan sebagai tempat istirahat, Taman Sari juga digunakan untuk banteng pertahanan. Hal itu dapat dilihat dari tembok yang mengelilingi kompleks Taman Sari. Di dalam Taman Sari, pada salah satu ruangan terdapat terowongan yang konon terowongan tersebut adalah jalan penghubung antara Keraton Yogyakarta dan Pantai Parangkusumo. 

No comments:

Post a Comment