Saturday, December 17, 2016

Pertunjukan Tari di Candi Prambanan : Melirik Sinopsis dan Jadual Ramayana Ballet Prambanan

Ramayan Ballet Prambanan
Ramayan Ballet Prambanan, sumber: youtube.com
Kali ini Info Travel Jogja akan membahas suatu pertunjukan tari yang ada di Candi Prambanan. Senditari Ramayana Prambanan adalah singkatan dari kata seni drama dan tari artinya seni drama yang ditarikan, atau disebut juga dengan Ramayana Ballet Candi Prambanan. Ramayana Ballet Candi Prambanan diselenggarakan di
komplek Candi Prambanan malam hari. Jadual pun tidak setiap hari, hanya pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dimulai pukul 19:30 – 21:30 WIB. Pertunjukan ini tidak terdapat dialog, tetapi cerita disampaikan menggunakan bahasa dari gerakan tari yang dilakukan para sinden. Pertunjukan dilakukan di panggung terbuka di Prambanan berukuran 14 m x 50 m dan bangunannya sudah menyatu dengan Candi Prambanan (Candi Siwa) sebagai background nya. Cerita yang diambil untuk pertunjukan Ramayana Ballet Candi Prambanan ini adalah tentang kisah Ramayana yang merupakan hasil karya Walmiki yang diambil dari cerita legenda yang ditulis dengan bahasa Sansekerta. Ceritanya merpakan gambaran dari terjemahan relief – relief di Candi Prambanan.
Penari – penari pertunjukan ini memakai kostum dan tata rias yang berbeda untuk memerankan tokoh – tokoh dalam cerita Ramayana yang akan menarikan gerakan – gerakan penuh penjiwaan. Saking menjiwainya, sampai penonton larut dalam nikmatnya pertunjukan yang serasi Antara gerakan tari dengan bunyi gamelan.

Candi Prambanan
Candi Prambanan

SINOPSIS RAMAYANA BALLET

Ramayana Ballet diawali dengan kemenangan Rama pada sayembara untuk memperistri Dewi Shinta. Suatu hari Rama, Shinta dan Leksmana (adik Rama) sedang melakukan perjalanan. Sesampainya dihutan Dandakala, mereka bertemu Rahwana yang menaruh hati pada Shinta karena Rahwana mengira Shinta merupakaan jelmaan dari Dewi Widowati. Dewi Widowati adalah seorang wanita yang sangat Rahwana cintai, yang selama ini sedang Rahwana cari – cari.
Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan
Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan .sumber : timetravelturtle.com

Lalu Rahwana menyusun strategi agar dapat mendapatkan shinta dari rama. Rahwana merubah pengikutnya menjadi kijang kencana yang cantik, ternyata strateginya berhasil. Shinta meminta rama untuk menangkap kijang tersebut. Setelah rama pergi cukup lama, shinta meminta leksmana untuk menyusul rama. Sebelum leksmana pergi, leksmana membuat lingkaran garis magis untuk melindungi shinta.

Setelah leksmana pergi meninggalkan shinta sendirian, rahwana mencoba untuk mendekati shinta tetapi gagal karena lingkaran garis magis buatan leksmana. Rahwana akhirnya menyamar sebagai Brahmana tua. Berhasil menyamar membuat shinta keluar dari lingkarannya untuk memberi sedekah, tetapi shinta ditarik oleh rahwana dari dibawa ke Alengka. Ketika rama dan leksmana kembali, shinta sudah tidak ada di lingkaran garis magis tersebut.

Untuk merebut shinta kembali, rama dibantu oleh Hanoman dan pasukan kera untuk membangun jembatan menuju kerajaan Alengka. Sesampainya di kerjaan Alengka terjadilah pertempuran besar kerajaan Alengka melawan kerajaan Ayodya.

Pada akhir cerita, rahwana mati oleh panah rama. Lalu rama dan shinta kembali bertemu. Namun rama menolak shinta karena rama meragukan kesucian shinta. Shinta lalu membakar dirinya sendiri untuk membuktikan kesuciannya. Lalu shinta selamat dari api dank arena shinta selamat, hal itu menunjukkan bahwa kesucian shinta tak perlu diragukan lagi. Rama dan shinta bersatu kembali.
Pesona Candi Prambanan
Pesona Candi Prambanan . sumber : javaheritagetour.com

THE END ~. Gimana nih? Pasti ingin segera menonton pertunjukan seru ini ya? Cek dulu nih :

Untuk Jadual dan Harga tiket 2016 bisa KLIK DISINI.
Untuk Jadual dan Harga tiket 2017 bisa KLIK DISINI.
Untuk Reservasi bisa hubungi :

CAHAYA SEJATI TOUR YOGYAKARTA
Nologaten RT 01/RW 04 No 40, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281
Phone:+62 274 485672
Mobile:+6281904130290 or +628121572154
Whatsapp:+628121572154
Email:borobudursunrise.net@gmail.com or eko.wijoyanto@gmail.com
WWW.BOROBUDURSUNRISE.NET - See more at: http://www.borobudursunrise.net/news142-jadwal-dan-harga-ramayana-ballet-prambanan-2016.html#sthash.2hojiyzD.dpuf

Alamat tepatnya yaitu, Jl. Jogja - Solo Km.16, Prambanan, Tamanmartani, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

Cek Maps yuk kalau bingung :

Semoga artikel ini bermanfaat.. Kritik dan saran sangat ditunggu penulis. Silahkan tinggalkan kritik dan saran di Kolom Komentar.

Referensi :  

http://www.borobudursunrise.net/news142-jadwal-dan-harga-ramayana-ballet-prambanan-2016.html

http://www.njogja.co.id/seni-budaya/ramayana-ballet-candi-prambanan/


Artikel Lainnya

No comments:

Post a Comment