Friday, December 16, 2016

Rindu Teletubbies? Main ke Desa Teletubbies di Prambanan Yuk !!

Teletubbies
Teletubbies
Kali ini Info Travel Jogja akan membahas tentang Desa Teletubbies. Masih ingat dong sama Teletubbies? Serial tv anak – anak yang terdiri dari Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po. Kalau kalian para penonton serial tv tersebut, pasti bacanya sambil nanyi ^o^. 4 boneka lucu yang berwarna ungu, hijau, kuning, dan merah, yang memiliki tv di perut mereka.
Desa Teletubbies di Prambanan Jogja
Desa Teletubbies di Prambanan Jogja
Kalau sudah ingat sama tokoh – tokohnya, sekarang ingat sama rumah mereka di serial tv? Yap! Rumah mereka yang bentuknya setengah bola atau biasa disebut dengan dome ternyata ada di Jogja loh ! di Jogja, terdapat sebuah desa yang rumah penduduknya mirip rumah nya Teletubbies. Sebenarnya nama komplek rumah – rumah tersebut biasa disebut dengan Kompleks Rumah Dome. Namun, karena bentuknya yang seperti rumah Teletubbies, maka banyak yang menyebutnya Desa Teletubbies.

Rumah Dome
Rumah Dome
Pembangunan rumah – rumah bukan tidak memiliki alasan, tetapi rumah dome ini awalnya dibangun untuk tempat tinggal warga pasca gempa besar yang melanda kota Jogja tahun 2006 silam. Arsitektur rumah ini dirancang tahan gempa dan juga tahan api. Sejak 2006, warga mulai tinggal di rumah dome ini. Bentuknya yang unik mirip rumah Teletubbies, membuat desa ini ramai dikunjungi para wisatawan. Karena mereka penasaran dengan isi rumah dome ini. Kerennya, rumah dome ini terbagi jadi 2 lantai dan ketika cuaca diluar panas ,terik matahari, di dalam rumah dome ini terasa dingin, dan sebaliknya ketika diluar hujan lebat rumah ini akan hangat.
Mushola di Desa Teletubbies Prambanan, Jogja
Mushola di Desa Teletubbies Prambanan, Jogja
Para desa ini, tidak hanya rumahnya saja yang berbentuk setengah bola, tetapi seperti mushola, poliklinik dan aula pertemuan juga berbentuk setengah bola namun dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya pada hari Minggu atau  Hari LIBUR akan ada badut TELETUBBIES. Sudah mulai penasaran nih? Kalian juga bisa berpose – pose jeprat jepret ambil selfie, foto – foto, bareng sama TELETUBBIES. Wuiiih kapan lagi foto bareng TELETUBBIES. Ada kereta kelinci juga loh buat keliling keliling desa teletubbies ini. Pastinya, kalian akan betah berada disini, terutama anak kecil.

Teletubbies di Desa Teletubbies
Teletubbies di Desa Teletubbies
Mau datang ke desa ini? Cukup mudah akses ke lokasi desa ini. Karena desa Teletubbies ini tidak jauh dari Istana Ratu Boko. Tepatnya desa ini di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Atau kalian hanya perlu menelusuri jalan raya Prambanan – Piyungan. Jika kalian lewat arah Prambanan, setelah melewati Kompleks Istana Ratu Boko aka nada petunjuk arah yang akan memberi petunjuk menuju desa Teletubbies. Petunjuk jalan nya berada di sisi kiri jalan.

BINGUNG BACA TULISAN? CEK MAPS YUK !!

Semoga artikel ini bermanfaat.. Kritik dan saran sangat ditunggu penulis. Silahkan tinggalkan kritik dan saran di Kolom Komentar. 


Artikel Lainnya

No comments:

Post a Comment