Sunday, December 18, 2016

5 Gudeg terfavorit di Yogyakarta

Berkunjung ke Yogyakarta ? belum lengkap tanpa mencicipi masakan khas kota ini, Gudeg. Merupakan makan khas Yogyakarta yang wajib anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Sejak puluhan tahun gudeg menjadi kuliner Yogyakarta yang paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka tersebut. Nah, untuk membantu anda agar tidak bingung dalam memilih gudeg Yogyakarta yang enak, simak 5 Gudeg terfavorit di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi:

1. Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad


 

 Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad merupakan salah satu gudeg Yogyakarta paling enak dan terfavorit di Kota Yogyakarta. Terletak di sebalah utara fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada, daerah selokan mataram. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Kaliurang Km 4,5 ( Utara UGM ) kerangasem Kacoran Caturtunggal Depok Yogyakarta lainya. Harga yang lumayan murah membuat gudeg ini juga menjadi oleh-oleh pengunjung yang hendak makan ataupun membelinya untuk keluarga dirumah.

2. Gudeg Yu Djum


 

 Salah satu gudeg yang paling terkenal akan cira rasanya adalah Gudeg Yu Djum. Diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. Gudeg Yu Djum dapat anda kunjungi di beberapa tempat di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22, Jalan Kaliurang Km 5 Koncoran Gg Srikaton 2, Wijilan no 31 Jalan Laksda Adisucipto, dan juga sebeleum perempatan Ring Road Utara Maguwoharjo. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk langsung melihar proses pembuatan Gudeg bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.

3. Gudeg Kendil Bu Tjitro

 

Gudeg Kendil Bu Tjitro yang lebih populer dengan sebutan gudeg Kendil. dengan perlengkap sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung, anda akan benar-benar menikmati menu masakan yang dinamai gudeg ini. satu hal yang menjadikan Gudeg Bu Tjitro berbeda yakni saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng. Gudeg kendil juga mampu bertahan hingga 48 jam. tak ketinggalan, gudeg kaleng ini juga sudah tersedia. Hebatnya, gudeg kaleng ini mampu bertahan hingga 1 tahun tanpa bahan pengawet!.

4. Gudeg Pawon 

 

 

Bagi para wisatawan menyantap gudeg di tengan malam pun dapat menjadi pengalaman unik tersendiri. Sepiring nasi putih panas dan gudeg dnegan sedikit kuah dan daging ayam atau telur di santap langsung di dapur penjualnya. gimana asyik menyantap gudeg di dapurnya? Mari berkunjung ke Jalan Janturan Nomor 36-38 Warungboro. Umbulharjo. Yogyakarta. Namun jangan terkejut jika melihat banyak antrian panjang.

5. Gudeg Mercon


 

 Jika biasanya gudeg terkenal dengan rasa manis yang dominan, di warung tenda milik Bu Tinah ini gudeg terhidang dengan rasa super pedas meledakan dimulut. Lombok rawit yang ikut ditambahkan ke dalam tiap piring sajian gudeglah yang membuat rasanya demikian. Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jl. Asem Gede, deket Pasar Kranggan, jetis dan mulai buka pukul 21.00 WIB. Namun sangat disarankan untuk mengunjunginya setengah jam sebelum warung ini buka, karena pembeli sudah antri untuk memesan.


 



No comments:

Post a Comment