Saturday, December 17, 2016

Pasar Rakyat di Yogyakarta


            Yogyakarta adalah kota istimewa yang memiliki banyak sekali cerita,budaya dan nuasa tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan agar berkunjung dan menikmati indahnya Yogyakarta. Khas tradisional yang ada di Yogyakarta tidak luput dari adanya tempat tradisional maupun makanan tradisonal,yang akan dibahas kali ini adalah tempat tradisional berupa pasar. Yogyakarta sendiri memilik pasar yang setiap harinya terjadi transaksi dan tidak kalah saing dengan pasar modern yang ada saat ini,berikut beberapa pasar yang dijuluki pasar rakyatnya Yogyakarta.

 Pasar Beringharjo




                Inilah pasar tertua yang tedapat di Yogyakarta disebut dengan Pasar Beringharjo karna memiliki histori didalamnya,yang mana cerita pasar ini berhubungan dengan sisi lain Kraton Yogyakarta. Pasar yang terletak di jalan Jendral Ahmad Yani nomor 16,Yogyakarta ini menjual banyak  skali jenis barang, mulai dari batik,uang-uang kuno,pakaian, makanan ,jamu tradional,sembako,barang antik,legomoro dan masih banyak lagi. Bagi anda yang berlibur ke Yogyakarta,pasar tradional ini menjadi rekomendasi dalam membeli oleh oleh untuk kerabat atau keluarga tercinta. Cerita dibalik nama beringharjo sendiri ialah  tempat yang dulunya merupakan hutan pohon beringin dan harjo yang berartikan kesejahteraan. Uniknya pasar ini adalah arsitektur bangunan yang lekat dengan nuansa kolonial dan tradional jawa.






Pasar Demangan

Pasar Demangan adalah salah satu pasar tradisional di Yogyakarta yang terletak di Jalan Gejayan nomor 23, dimana setiap harinya pasar ini melayani transaksi jual beli dan merupakan pasar yang keberadaanya sangat penting dimana pasar ini menjual berbagai kebutuhan pokok pakaian dan sayur mayur. Keberdaan pasar Demangan ini sendiri menjadi perlawanan bagi pasar modern yang saat ini banyak dibangun,keunikan pasar ini ialah para penjual ibu-ibu yang sudah lanjut usia,mereka yang berdagang untuk bertahan hidup.












Pasar Kotagede


                Pasar yang terletak di Kotagede ini berselaras dengan nama pasar ini yaitu pasar Legi Kotagede,Pasar Kotagede ini menjual banyak sekali aneka jajanan yang akan mengingatkan kita makanan-makanan masa kecil yang makin menghilang. Pasar Kotagede ini memiliki cerita dan sejarahnya tersendiri. Pasar ini digunakan setiap harinya untuk bertransaksi dan menjual barang-barang sembako.

Itulah beberapa pasar tradisional yang terdapat di Yogyakarta,untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh atau membeli keperluan sehari-hari,pasar-pasar diatas sangat direkomendasikan.

No comments:

Post a Comment